NewsFlash

Loading...

Wednesday, January 3, 2018

Apa itu RANGE , CELL, ROW, dan COLUMN pada Microsoft Excel

Beberapa mungkin ada yang belum memahami, apa itu range, cell, row dan column pada sheet lembar kerja microsoft excel. Oleh karenanya saya akan sharing sedikit mengenai hal tersebut semoga bisa memberikan wawasan dan memperkaya ilmu bagi yang sedang belajar pemrograman aplikasi office khususnya microsoft excel ini.

Bagi yang sedang menekuni belajar microsoft excel saya menganjurkan supaya pengertian dasar akan arti range, cell, row dan column ini bisa dikuasai sebagai pondasi pembelajaran aplikasi excel karena pada lembar kerja excel atau yang biasa kita sebut sheet disanalah akan selalu kita jumpai apa dan bagaimana bentuk dari range, cell, row dan column. Sebentar lagi saya akan memberikan contoh beserta gambar dari apa yang dimaksud dari range, cell, row dan column pada sheet lembar kerja excel, semoga setelah mengetahui perbedaan dari istilah-istilah tersebut next temen-temen bisa semakin mudah dalam pengoperasian microsoft excel.

Berikut ini adalah pengertian dengan contoh gambar mengenai istilah range, cell, row dan column pada sheet microsoft excel :

Range pada sheet atau lembar kerja excel adalah gabungan dari beberapa cells aktif baik itu rows (baris) maupun column (kolom). Pada ilustrasi contoh gambar dibawah Sebuah range akan memberikan suatu alamat range ketika suatu cells aktif diseleksi yaitu 7R x 2C seperti terlihat pada gambar di bawah ini, artinya adalah sebuah range dibuat dari banyaknya baris (Row) sebanyak 7 dan banyaknya kolom (Column) sebanyak dua yaitu kolom A dan B.


Apa itu range , cell, row, dan column pada microsoft excel

CELL adalah area kotak antara baris dan kolom, perhatikan contoh gambar cell di bawah ini untuk lebih jelas.

Apa itu range , cell, row, dan column pada microsoft excel

ROWS pada sheet lembar kerja excel merupakan baris yang berbentuk vertikal yang di tandai dengan angka-angka. Kebetulan saya menggunakan excel 2007, jumlah baris atau rows yang ada pada excel 2007 adalah ada sebanyak 1.048.576 baris. Temen-temen bisa cek dengan cara tempatkan pointer cell aktif pada range A1 kemudian tekan ctrl+panah bawah pada keyboard untuk menuju pada akhir baris pada sheet secara otomatis.

Apa itu range , cell, row, dan column pada microsoft excel

COLUMN atau kolom pada lembar kerja excel (sheet) adalah kumpulan dari huruf-huruf yang terbentang secara horizontal dari huruf A sampai dengan huruf XFD. Perhatikan contoh gambar di bawah ini untuk mudahkan cara memahami istilah column atau kolom pada microsoft excel. Untuk mengecek berapa jumlah kolom (column) yang terdapat pada microsoft excel yang temen-temen gunakan caranya adalah tempatkan pointer pada cell aktif A1 kemudian tekan ctrl+tanda panah kanan pada keyboard untuk menuju pada akhir kolom pada sheet secara otomatis.


Apa itu range , cell, row, dan column pada microsoft excel


Demikian penjelasan singkat mengenai pengertian apa itu  range , cell, row, dan column pada microsoft excel. Sebelumnya saya sudah pernah posting tutorial microsoft excel untuk pemula mungkin temen-temen bisa baca-baca lagi dan saya juga sudah posting mengenai pengertian dasar-dasar sheet dan table yang bisa temen-temen baca di halaman blog ini. Ok, selamat mencoba dan semoga bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan memberi tanggapan Anda dengan positif.

Visual Studio

Microsoft Excel