NewsFlash

Loading...

Thursday, June 13, 2019

Cara print satu halaman penuh teknik sederhana

Halo, kali ini saya akan bagikan bagaimana cara setting file word atau excel agar dapat di print hanya cukup satu halaman kertas saja. Sebenernya cara print supaya satu halaman penuh (satu page) ini sangat sederhana tapi masih banyak temen-temen yang belum tahu tekniknya. Ok, yuks langsung saja kita praktek.. Silahkan temen-temen buka dulu file word atau excelnya yang akan di setting untuk di print satu halama (satu page). Teknik ini sangat umum dan bisa di praktekan di microsoft office baik itu word ataupun excel maupun di open office baik itu calc (od) yang banyak di gunakan di kantoran  karena sifatnya yang open source freeware alias gratis. Dibawah ini adalah contoh file di microsoft excel.

cara print. print satu halaman, print full page
Contoh setting print full 1 (satu) halaman (Gbr1 Excel)

Jika temen-temen sudah membuka file word atau excelnya, langkah pertama yang temen-temen lakukan adalah mencari submenu "Page Break Priview" yang ada pada menu "View"

cara print. print satu halaman, print full page
Contoh di Open Office (Gbr2 Calc)

Bagaimana, sudah ketemu "Page Break Preview" nya ? Ok, lanjut ya..
Setelah itu langkah selanjutnya adalah kita hanya akan "tekan dan geser" bagaimana maksudnya? okey, perhatikan gambar di bawah ini untuk memudahkan dalam pemahaman teman-teman.

cara print. print satu halaman, print full page
Priview awal (Gbr3)

Contoh gambar diatas adalah penampakan pertama kali saat temen-temen klik "Page Break Priview" (tergantung file). Dari contoh diatas ketika kita akan print file tersebut maka akan terprint tiga halaman, nah sementara temen-temen mau agar terprint (1 Page) alias print satu halaman full saja. Langkah settingnya adalah seperti pada gambar di bawah ini:

cara print. print satu halaman, print full page
Contoh gambar setting print full page (Gbr 1a) 

Silahkan temen-temen arahkan mouse pada garis horizontal yang saya beri tanda kotak merah seperti contoh gambar diatas, tahan mouse sambil geser digerakan ke arah kanan hingga ketepi ujung kemudian lepas. Maka akan tampak seperti pada contoh gambar di bawah ini:

cara print. print satu halaman, print full page
Contoh gambar setting print full page (Gbr 1b)

Contoh gambar diatas menunjukan saat ini halaman sudah menjadi 2 page yang awalnta tadi tiga halaman yang artinya ketika temen-temen akan print file tersebut maka akan tercetak hingga halaman ke 2 alias hingga page2. Bagaimana sudah cukup jelas sampai di sini?.. yuks lanjut.. temen-temen silahkan lanjutkan, caranya sama seperti langkah diatas "Tekan" kemudian "Geser".

cara print. print satu halaman, print full page
Contoh gambar setting full page (Gbr 1c)

Berikut adalah setting hasil akhir hingga terjadi Page 1 atau hanya menyisakan satu halaman saja, yang artinya ketika temen-temen hendak print file tersebut maka yang akan tercetak print satu halaman saja.

cara print. print satu halaman, print full page
 Contoh gambar setting print full page satu halaman.

Done. Selesai sudah tutorial cara print satu halaman penuh file excel atau word. semoga teknik sederhana ini bermanfaat buat temen-temen. Jika ada yang perlu di tanyakan silahkan, monggo ya temen-temen tanyakan saja di kolom komentar. Salam sukses.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan memberi tanggapan Anda dengan positif.

Visual Studio

Microsoft Excel