NewsFlash

Loading...

Wednesday, June 5, 2019

Script Validasi Angka di VB Net C#

Halo salam jumpa,.. kali ini saya ingin share dan berbagi kepada temen-temen sekalian bagaimana cara membuat validasi number alias pembatasan karakter input hanya berupa angka saja di visual basic .net atau C# (CSharp). Saya akan buatkan tutorial ini dengan singkat ya, karena memang kode program atau script  untuk membuat validasi angka ini sangat sederhana sekali dan saya yakin temen-temen pasti akan cepat memahaminya.

Ok, langsung saja ya.. silahkan temen-temen buat project baru dan beri nama projectnya validasi angka. Jika sudah, pada form utama temen-temen silahkan tambahkan object berupa textbox dan label ya.. atau perhatikan seperti gambar di bawah ini dan temen-temen silahkan sesuaikan saja.

script validasi angka, validasi angka, validasi number
 Gbr.1 Form Utama Validasi Angka

Skenarionya adalah pada project ini anggap kita akan memvalidasi beberapa inputan yang hanya boleh di isi angka saja oleh user. Kita ambil contoh adalah inputan no telpon dan kode pos yang tentunya hanya inputan berupa angka-angka atau number digit saja. 

Lanjut ya, kita setting properti pada bagian textbox dan beri nama txt_no_telp dan txt_kode_pos. Temen-temen boleh memberi nama bebas sesuai kebiasaan temen-temen hanya saja jangan ada spasi ya dalam pemberian nama suatu object. Jika sudah, pada txt_no_telp dan txt_kode_pos kita pilih menggunakan method event keypress ya. Perhatikan gambar di bawah ini..




 
Jika sudah masuk pada area code, untuk pengetikan kode atau script validasi angkanya adalah seperti berikut:
const char delete = (char)8;
e.Handled = !char.IsDigit(e.KeyChar) && e.KeyChar != delete;

Perhatikan gambar di bawah ini untuk mendapatkan gambaran jelasnya..

script validasi angka, validasi angka, validasi number
Seperti tampak gambar diatas, pastikan temen-temen tidak salah dalam mengetikan kode program atau scriptnya ya. Bagaimana, sangat sederhana bukan kode atau listing program untuk memvalidasi angka. Singkat ya saya akan jelasin listing program validasi angka di atas.. char 8 merupakan key ascii dari delete atau backspace pada keyboard, jadi memungkinkan untuk user dapat mendelete inputan jika ada kesalahan input. Variable delete merupakan tipe data konstanta yang kita tetapkan.

Terakhir, saatnya uji debug program kalian yang baru saja kalian buat. Silahkan debug programnya atau tekan F5 untuk running program. Dan hasilnya akan tampak seperti berikut ini.

script validasi angka, validasi angka, validasi number

Ok Done. Demikian tutorial singkat, tutorial sederhana dalam membuat validasi angka yang semoga dapat bermanfaat buat temen-temen ya. Sampai jumpa.. Salam sukses selalu.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan memberi tanggapan Anda dengan positif.

Visual Studio

Microsoft Excel