NewsFlash

Loading...

Saturday, December 30, 2017

Contoh Fungsi IF, COUNTIF, COUNTIFS Rumus Formula Excel

Sekarang kita akan belajar fungsi formula logika pada microsoft excel, jika sebelumnya kita sudah belajar fungsi formula text maka saat ini saya mau sharing cara penggunaan rumus formula logika if beserta contoh fungsi if, countif, dan fungsi countifs. Sebelum melangkah lebih lanjut dalam praktek saya akan menjelaskan sedikit pengertian tentang formula logika if ini.

Microsoft excel memiliki beberapa formula fungsi logika yang dapat dimanfaatkan untuk mengecek kondisi suatu data diantaranya fungsi IF, AND, OR, NOT, IFERROR, FALSE dan TRUE yang akan saya jelaskan berikut ini :

Contoh Fungsi IF, COUNTIF, COUNTIFS Rumus Formula Excel


Fungsi IF adalah formula excel yang berfungsi untuk mengecek kondisi suatu data yang di olah dan akan memberikan nilai benar (true) atau nilai salah (false). Secara umum rumus fungsi if adalah ➠ =IF(logical_test,[value_if_true],[value_if_false]). Contoh penggunaan fungsi if seperti tampak pada kolom cells B18 sampai kolom cells B20 pada gambar bawah ini:

Contoh Fungsi IF, COUNTIF, COUNTIFS Rumus Formula Excel


➤ Fungsi AND adalah formula excel yang berfungsi untuk mengecek kondisi suatu data yang di olah dan akan memberikan nilai benar (true) jika semua argumen atau pernyataan adalah benilai benar (true). Secara umum rumus fungsi and adalah ➠ =AND(logical1, [logical2], ...)

➤ Fungsi OR adalah formula excel yang berfungsi untuk mengecek kondisi suatu data yang di olah dan akan memberikan nilai benar (true) jika salah satu argumen atau pernyataan bernilai benar(true). Secara umum rumus fungsi and adalah ➠ =AND(logical1, [logical2], ...). Perhatikan contoh lain seperti gambar berikut dibawah ini untuk lebih detail cara penggunaan fungsi logika and , dan ataupun fungsi logika or :


contoh formula logika fungsi and , fungsi or
 

➤ Fungsi NOT adalah formula excel yang berfungsi untuk mengecek kondisi suatu data yang di olah dan akan memberikan hasil dari nilai benar (true) ke salah(false) atau sebaliknya . Secara umum rumus fungsi not adalah ➠ =NOT(logical). Contoh penggunaan atau penulisan fungsi not seperti pada gambar dibawah ini: 

contoh formula fungsi not


➤ Fungsi IFERROR adalah formula excel yang berfungsi untuk mengecek kondisi suatu data yang di olah dan akan memberikan informasi nilai kesalahan atau error jika terdapat penyataan yang dianggap error. Secara umum rumus fungsi iferror adalah ➠ =IFERROR(value, value_if_error). Contoh penggunaan fungsi iferror seperti pada gambar di bawah ini:

Contoh penggunaan fungsi iferror

Pernyataan diatas dianggap error maka fungsi iferror akan menampilkan kondisi error, dalam kasus diatas kondisi jika error maka tampilkan value "ERROR (CEK SCRIPT)". Jika telah kita cek dan ternyata ada penyataan kondisi yang kurang dalam script tersebut yaitu tanda kunci dollar ($) atau absolute. Untuk menambahkan kunci absolute ($) dengan mudah adalah dengan cara menekan F4 pada keyboard. Maka akan tampak hasil yang telah di koreksi seperti gambar di bawah ini.

Contoh penggunaan fungsi iferror


➤ Fungsi TRUE & Fungsi FALSE adalah formula excel yang berfungsi untuk mengecek kondisi suatu data yang di olah dan akan memberikan nilai benar (true) atau nilai salah (false). Secara umum rumus fungsi true adalah ➠ =TRUE(). dan untuk rumus fungsi false adalah ➠ =FALSE().

Pengertian dan pengetahuan dasar dari formula fungsi statistical pada microsoft excel yang musti dipahami:

formula fungsi statistical pada microsoft excel


Fungsi COUNTIF merupakan salah satu dari beberapa fungsi atau formula logika yang dapat dimanfaatkan untuk mengecek kondisi suatu data yang dapat memberikan hitungan angka berdasarkan range yang dipilih dalam suatu cells dengan memberikan ciri atau criteria tertentu. Secara umum rumus fungsi countif adalah ➠ =COUNTIF(range,criteria). Contoh penggunaan fungsi countif seperti pada kolom cells C18 sampai kolom cells C20.

Fungsi COUNTIFS memiliki fungsi yang hampir sama dengan fungsi countif, hanya saja pada fungsi ini lebih spesifik dalam pengecekan suatu data berdasarkan dari beberapa kondisi dan beberapa criteria. Dengan kata lain fungsi countifs ini memungkinkan menghitung angka dengan berdasarkan dari lebih satu kondisi pengecekan data dan ataupun criteria. Secara umum rumus fungsi countifs adalah ➠ =COUNTIFS(criteria_range1, criteria1, [criteria_range2, criteria2], dst...)Contoh penggunaan fungsi countifs seperti pada kolom cells B11 sampai kolom cells C13 dan pada kolom cells E18 sampai kolom cells F20.

Fungsi COUNT merupakan formula fungsi yang hanya memungkinkan menghitung jumlah cells dalam range cells yang terdiri atas nilai atau angka saja. Secara umum rumus fungsi count adalah ➠ =COUNT(value1, [value2], ...)

➤ Fungsi COUNTA adalah formula pada fungsi excel yang berfungsi untuk menghitung jumlah cells yang memiliki isi atau value pada cells, dengan kata lain yang tidak mengandung cells kosong atau blank cells. Secara umum rumus fungsi counta adalah ➠ =COUNTA(value1, [value2], ...)

Fungsi COUNTBLANK adalah formula fungsi yang dapat dimanfatkan untuk menghitung jumlah cells kosong dalam suatu range cells. Secara umum rumus fungsi countblank adalah ➠ =COUNTBLANK(range)

contoh fungsi count, counta dan countblank


Demikian sedikit sharing pengertian dan contoh fungsi if, countif, countifs pada rumus formula excel. Silahkan di coba dan praktek, semoga bermanfaat. Selamat Mencoba.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan memberi tanggapan Anda dengan positif.

Visual Studio

Microsoft Excel