NewsFlash

Loading...

Friday, December 29, 2017

Contoh Formula Text Pengertian dan Fungsi LEN, FIND, CONCATENATE

Kali ini saya akan sharing mengenai pengunaan formula text pada microsoft excel. Jika pada postingan sebelumnya sudah pernah saya jelaskan mengenai fungsi left, right dan fungsi mid sekarang saya akan menambahkan sedikit beberapa fungsi formula text yang didalamnya merupakan gabungan dari beberapa fungsi text diantaranya adalah fungsi len dan fungsi find selain itu saya juga akan memberikan contoh penggunaan dari fungsi concatenate, fungsi proper, upper, lower dan beberapa fungsi text standar lainnya untuk memperkaya pengetahuan dan pengertian dari formula text di microsoft excel.

Contoh Formula Text Pengertian dan Fungsi LEN, FIND, CONCATENATE

Saya akan review sedikit pengertian dari formula text atau string yang ada pada microsoft excel. Pada dasarnya pengertian ataupun penggunaan formula text adalah mencakup untuk karakter atau huruf, kata ataupun kalimat yang tertipe data string atau text. Gambar diatas merupakan contoh dari penggunaan fungsi text yang ada pada microsoft excel. 

Beberapa formula text yang terdapat pada microsoft excel yang akan saya bahas dan sharingkan diantaranya adalah sebagai berikut:

Fungsi LEFT merupakan formula text yang berfungsi untuk mengambil atau mendapatkan text string yang pengambilannya datanya dimulai dari sisi sebelah kiri. Secara umum rumus fungsi left adalah ➠ =LEFT(text,[num_chars]). Contoh penggunaan fungsi left seperti terlihat pada gambar diatas pada kolom cells B3 sampai kolom cells B6 yang merupakan hasil dari pengambilan data nama depan dari kolom cells A3 sampai kolom cells A6. Cara penggunaan fungsi left seperti diatas sudah benar hanya saja tidak tepat dan tidak efisien sebab seperti terlihat pengambilan nama depan tampak tidak konsisten karena pastinya harus dilakukan secara manual agar mendapatkan hasil yang sesuai. Untuk mensiasati hal tersebut tentunya ada cara yang lebih kreatif dan efisien sehingga manfaat penggunaan dari fungsi left dapat dirasakan, caranya adalah dengan memodif script atau menggabungkan beberapa fungsi text menjadi satu kesatuan untuk mendapatkan hasil dari nama depan yang sesuai yang tampak seperti pada kolom cells A10 sampai kolom cells A13.

Fungsi RIGHT merupakan formula text yang berfungsi untuk mengambil atau mendapatkan text string yang pengambilannya datanya dimulai dari sisi sebelah kanan. Secara umum rumus fungsi right adalah ➠ =RIGHT(text [num_chars]). 
Contoh penggunaan fungsi right seperti terlihat pada gambar diatas pada kolom cells C3 sampai kolom cells C6 yang merupakan hasil dari pengambilan data nama belakang dari kolom cells A3 sampai kolom cells A6. Secara umum penggunaan fungsi right seperti diatas sudah benar hanya saja tidak tepat dan tidak efisien sebab seperti terlihat pengambilan nama belakang tampak tidak konsisten karena pastinya harus dilakukan secara manual menentukan num_chars atau jumlah karakter yang akan diambil agar mendapatkan hasil yang sesuai. Sama seperti halnya fungsi left diatas, untuk mendapatkan hasil dari nama belakang yang sesuai seperti tampak pada kolom cells B10 sampai kolom cells B13 maka harus dilakukan modifikasi script dengan cara menggabungkan beberapa fungsi string pada formula text.

Fungsi MID merupakan formula text yang berfungsi untuk mengambil atau mendapatkan text string yang pengambilannya datanya dimulai dari sisi tengah-tengah. Secara umum rumus fungsi mid adalah ➠ =MID(text,start_num, num_chars). Untuk contoh fungsi mid silahkan lihat postingan saya sebelumnya di sini.

Fungsi LEN merupakan salah satu formula text yang berfungsi untuk mencari atau menghitung jumlah banyak karakter suatu kata atau kalimat didalam cells. Secara umum rumus fungsi len adalah ➠ =LEN(text). Untuk contoh fungsi len seperti terlihat pada gambar diatas. Atau jika ingin lebih jelas bagaimana hasil dari penggunaan fungsi len, silahkan praktek dengan mengetikan formula =len(A3) kemudian enter dan lihat hasilnya akan tampak jumlah banyaknya karakter yang ada dalam kolom cells A3.

Fungsi FIND adalah salah satu formula text juga yang ada pada microsoft excel yang berfungsi untuk mencari suatu huruf, teks ataupun karakter dalam suatu kata atau kalimat di dalam cells. Secara umum rumus fungsi find adalah ➠ =FIND(find_text,within_text,[start_num]). Contoh penggunaan fungsi find pada contoh kasus seperti gambar diatas adalah mencari karakter spasi atau space sebagai acuan untuk mengambil nama depan atau nama belakang yang sesuai. 

Fungsi CONCATENATE adalah salah satu formula text di microsoft excel yang berfungsi untuk menggabungkan text atau string dalam suatu cells. Secara umum rumus fungsi concatenate adalah ➠ =CONCATENATE(text1,[text2], ...). Contoh penggunaan dari fungsi concatenate seperti terlihat pada gambar diatas yaitu pada kolom cells C10 sampai kolom cells C13. Silahkan praktek dengan mengetikan =CONCATENATE(A10," ",B10) pada kolom cells C10.

Fungsi PROPER adalah fungsi dalam formula text yang dapat merubah karater huruf pertama menjadi huruf kapital atau merubah huruf besar di awal kata. Secara umum rumus fungsi proper adalah ➠ =PROPER(text). Contoh penggunaan fungsi proper seperti tampak pada kolom cells C17.

Fungsi UPPER merupakan salah satu formula text yang berfungsi untuk merubah huruf menjadi huruf kapital secara keseluruhan atau huruf besar semua pada suatu cells. Secara umum rumus fungsi upper adalah ➠ =UPPER(text). Contoh penggunaan fungsi upper seperti tampak pada kolom cells B17.

Fungsi LOWER merupakan salah satu formula text yang berfungsi untuk merubah huruf menjadi huruf kecil semua pada suatu cells. Secara umum rumus fungsi lower adalah ➠ =LOWER(text). Contoh penggunaan fungsi lower seperti tampak pada kolom cells A17. 

Demikian sedikit sharing mengenai beberapa contoh penggunaan formula text pengertian dan fungsinya. Semoga bisa lebih dikembangkan dan tentunya semoga bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan memberi tanggapan Anda dengan positif.

Visual Studio

Microsoft Excel