NewsFlash

Loading...

Wednesday, December 13, 2017

Tutorial Belajar Excel Untuk Pemula

Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi yang terbundle dalam Microsoft Office. Microsoft Excel sering dijumpai dalam berbagai kegiatan baik itu di sekolah, kampus dan terlebih dalam dunia kerja atau perkantoran. Peranan Excel sangat penting karena program spreadsheet yang satu ini cukup mumpuni dan powerful dalam hal mengolah data. Selain kemampuannya yang cerdas dalam pengolahan data perhitungan excel pun cukup handal dalam hal membuat grafik. 

Pastikan teman-teman sudah menginstal microsoft office dan berikut ini adalah tampilan microsoft excel yang terbundel satu paket dalam microsoft office. Next kita juga akan belajar Microsoft PowerPoint dan Microsoft Access pelan-pelan asal mudeng.

Tampilan Lembar Kerja Excel


Tutorial Belajar Excel untuk pemula

Sebelum bekerja dengan excel ada baiknya kita mengenal dulu bagian-bagian dalam lembar kerja microsoft excel agar tidak bingung teman-teman dalam mengoperasikanya. Hanya sebagai pengetahuan dasar untuk diketahui saya sudah memberikan tanda merah yang bisa teman-teman lihat pada gambar diatas. 

Pada dasarnya secara umum pada program microsoft excel terdapat tiga tipe data yang wajib teman-teman pahami. Tips caraguruh buat temen-temen yang sedang belajar excel adalah pahami dulu tiga tipe data yang terdapat pada excel. Jika sudah memegang kunci 3 tipe data yang ada di excel dan yakin sudah memahaminya maka proses pengoperasian excel apapun teman-teman akan mudah dan lancar. Amin. Oke mantab.. apa saja tiga tipe data pada excel?

Tiga tipe data excel yang wajib diketahui


Tipe Data Label

Label biasanya berupa string atau sering juga label disebut sebagai alfanumerik. Label berupa string karena kegunaannya hanya sebagai pemberian nama atau menjelaskan data numerik atau data formula. tips caraguruh mengenai label adalah dengan membayangkan label sebagai sebuah variabel hanya saja semua huruf atau angka yang dimasukan kedalam data bertipe label tidak akan dihitung misalnya seperti nomer telepon.

Tipe Data Numerik

Dari awal namanya saja sudah num (number) artinya adalah bahwa tipe data ini hanya berupa angka-angka saja yang dalam berbagai bentuk dan format. Untuk tipe data ini dapat dihitung artinya bahwa tipe angka atau numerik akan dapat melalui proses pengolahan perhitungan. Contoh : angka yang terdapat di "qty" atau angka-angka yang ada di "harga barang" atau bisa juga nilai-nilai berupa angka yang ada di "nilai siswa"

Tipe Data Formula

Maksud dari tipe data ini adalah kumpulan perintah-perintah untuk melakukan operasi data atau pengolahan data. tips caraguruh mengenai tipe data yang satu ini adalah bayangkan formula adalah fungsi atau rumus.

Oke baiklah perhatikan pada gambar dibawah ini supaya temen-temen tidak pusing dan memiliki gambaran bagaimana memahami ketiga tipe data pada excel. Program excel yang saya pakai adalah paket microsoft office 2007 atau microsoft excel 2007. Jika teman-teman menggunakan microsoft excel versi yang dibawah atau diatas versi excel 2007 tidak jadi masalah karena excel pada pengaplikasianya pada umumnya sama saja yang membedakan biasanya hanya fitur-fiturnya saja.


Tutorial belajar excel untuk pemula

Perhatikan kotak merah yang saya beri tanda seperti pada gambar diatas. Pada setiap kotak merah yang saya tandai juga terdapat keterangan yang saya beri warna biru. Contoh tipe label pada gambar diatas adalah isi atau value dari kolom A (Kode Barang) dan kolom B (Nama Barang), sementara untuk contoh data numerik adalah kolom C (Qty) dan kolom D (Harga) dimana isi atau value kolom C dan D berupa angka-angka yang melalui proses perkalian untuk kolom E (Total). Sedangkan tipe data formula atau rumus / fungsi adalah sel E5 karena ada proses perintah sum(fungsi/rumus penjumlahan) pada kolom E (Total). Piye gaesss? Ojo mumet nembe awal iki.. hehee.. 

Oke sekian dulu perkenalan awal belajar microsoft excel, next kita akan sering latihan biar lebih mantab. Terima kasih dan selamat belajar.. sukses selalu.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan memberi tanggapan Anda dengan positif.

Visual Studio

Microsoft Excel