NewsFlash

Loading...

Wednesday, December 13, 2017

Tutorial Dasar Adobe Photoshop untuk Pemula

Tutorial kali ini kita akan bermain grafis menggunakan program photoshop yang merupakan produk unggulan dari adobe. Program pengolah grafis ini sudah sangat terkenal karena userfriendly dan cukup mudah untuk di gunakan. Untuk versi adobe photoshop yang saya gunakan adalah versi CS4 namun pada dasarnya secara umum penggunaan atau pengoperasiannya sama saja dengan versi berapapun hanya saja versi terbaru biasanya fitur yang di bundle lebih baik dan lebih lengkap alias banyak option pilihannya. Adobe photoshop zaman now sekarang bernama CS atau Creative Suite jika dibandingkan dengan zaman old adobe photoshop yang kebanyakan orang kenal dulu adalah seperti sebut saja misalnya adobe photoshop 7. Oke sekilas intermezo saja buat pemanasan sebelum kita melangkah ke tahap latihan bermain grafis dengan adobe photoshop versi CS. 

Pastikan temen-temen sudah menginstal adobe photoshop versi CS4, CS5, CS3 atau varian CS berapapun tidak menjadi masalah yang penting sudah punya programnya dan sudah terinstal dengan baik di komputer atau pc temen-temen. Ok kita langsung saja ke tahapan dasar perkenalan dengan adobe photoshop versi CS ini. Berikut ini adalah wujud lembar kerja dari adobe photoshop versi CS4 yang saya gunakan untuk mengolah dan mendesain grafis. 

tutorial dasar adobe photoshop untuk pemula

Seperti terlihat pada gambar diatas tips mudah untuk cepat mengenali bagian-bagian pada adobe photoshop ini teman-teman untuk tahap awal bisa explore bagian pada tab menu window. Ada beberapa teman bingung menu tools hilang bagaimana cara memunculkan kembali? solusinya ada pada tab menu window kemudian pilih dan klik bagian yang ingin dimunculkan. 

Beberapa tools dari sekian banyak tools adobe photoshop itu nanti akan kita coba praktekan. Untuk sesi saat ini kita pengenalan dasar dulu biar terkonsep alon-alon asal kelakon ya ra son.. hehee.

Gambar di bawah ini merupakan awal persiapan saat kita hendak membuat suatu project baru. Teman-teman bisa mencoba dengan klik menu File ⇒ New ↵ atau klik Ctrl+N


tutorial dasar adobe photoshop untuk pemula

Pada kolom Name yang berisi Untitled-1 merupakan penamaan defult yang diberikan adobe photoshop untuk memberi nama project teman-teman, namun demikian teman-teman bisa hapus dan ganti kemudian isikan dengan judul project teman-teman, optional dan bebas sesuai selera dan kebutuhan. 

Ok baiklah saya berikan sedikit gambaran cara membuat project dan mendesain suatu object di program photoshop cs ini seperti yang tampak pada gambar di bawah ini:

tutorial dasar adobe photoshop untuk pemula

Untuk pertama kali tahapan yang teman-teman perlukan adalah menentukan panjang dan lebar suatu object. Artinya ketika program aplikasi photoshop di buka atau open kemudian new / ctrl+n . Selain pemberiaan nama atau judul project, yang musti teman-teman perhatikan juga adalah menentukan width (lebar) dan height (tinggi) suatu object yang akan teman-teman buat atau desain karena menentukan ukuran diawal itu penting. Jika sudah dirasa sesuai ukuran maka saatnya memasuki alam imajinasi, asah kreatifitas dan kemampuan otak kanan untuk mewujudkan apa yang terlihat dalam daya hayal teman-teman untuk di tuangkan ke photoshop ini. #lebayy dot prett

Ok next, gambar diatas sebagai contoh saat saya berencana hendak memodifikasi atau mendesain website caraguruh ini dengan maksud hati sedikit menambahkan logo sederhana pada blog sederhana ini maka saya harus menentukan panjang dan lebar logo dulu agar posisi sesuai dan pas alias tidak mlehoy kemana-mana sehingga efisiensi waktu dan hasilnya sesuai. Temen-temen bisa mulai coba dan praktekan karena apa yang saya lakukan dalam membuat logo tersebut sangat sederhana langkahnya hanya dengan memberikan object text kemudian diberi sedikit efek blending option pada layer style. 

tutorial dasar adobe photoshop untuk pemula

Semoga ada sedikit gambaran cara membuat desain grafis sederhana menggunakan adobe photoshop CS ini. Silahkan temen-temen coba explore-explore dulu. Jika ada pertanyaan silahkan bisa berkomentar pada kolom komentar dibawah. Terima kasih. Selamat mencoba dan Sukses selalu.

1 comment:

  1. weiiisss mantabs ni gan tutorial ttg Dasar Adobe Photoshop untuk Pemula, sangat membantu sy sbg pemula.... disini sedikit banyak sy jadi tau cara membuat project dan mendesain suatu object di program photoshop cs, Untuk pertama kali tahapan yang sy perlukan adalah menentukan panjang dan lebar suatu object. Artinya ketika program aplikasi photoshop di buka atau open kemudian new / ctrl+n . Selain pemberiaan nama atau judul project, yang musti teman-teman perhatikan juga adalah menentukan width (lebar) dan height (tinggi) suatu object yang akan teman-teman buat atau desain karena menentukan ukuran diawal itu penting. Sukses sll buat agan dan terus update tutorial ini ya gan terutama untuk para pemula lainnya.........makasih banyak ya gan...........

    kunjungi website saya ya : https://lurriekurniasih.mahasiswa.atmaluhur.ac.id/
    dan website kampus saya : https://www.atmaluhur.ac.id

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan memberi tanggapan Anda dengan positif.

Visual Studio

Microsoft Excel