NewsFlash

Loading...

Tuesday, February 5, 2019

Pengenalan SQL SERVER Cara Membuat Database dan Table

SQL SERVER merupakan suatu database yang sangat popular dan sangat banyak digunakan oleh pengembang atau developer untuk mengembangkan aplikasinya. Dengan adanya Sql Server managemen data dari aplikasi yang kita buat dapat tertata dan tersimpan dengan rapih. Ketika temen-temen akan membuat suatu aplikasi desktop misalnya dengan visual studio .net atau aplikasi berbasis web atau apapun jenis aplikasinya tentunya temen-temen akan membutuhkan suatu wadah tampungan data. Microsoft SQL SERVER adalah sebuah sistem manajemen basis data relasional produknya microsoft.. nanti kalian akan mengenal istilah RDBMS dengan berjalannya waktu.

Ok, itu tadi sedikit intermezo dan sebagai pengantar ya.. kali ini Saya ingin sharing kepada temen-temen yang sedang belajar database. Langsung saja pada topik utama ya,.. Bagaimana cara membuat database dan table di ms sql server. Langsung saja ya kita praktek.. yuks cuss.

Ada dua langkah sederhana cara membuat database dan table di sql server.

1. Membuat database dan table menggunakan script atau sintaks sql.

  • Buka Microsoft SQL Server Managemen Studio Kemudian klik New Query
sql server 2014





query sql , sintak sql


  • Pada area code ketikan pada baris perintah dengan sintak sql. Sebagai contoh kita akan membuat suatu database dengan nama databaseku. Pada kolom script ketikan sintak sql create database databaseku;  
Perhatikan seperti pada gambar di bawah ini agar temen-temen mendapatkan gambaran jelas bagaimana cara pengetikan sintaq sql create database.

query create database


query, query sql , create database


refresh, database

  • Cara membuat table di sql server menggunakan sintak sql atau script temen-temen harus menentukan dulu databasenya dengan mengetikan perintah use di ikuti dengan nama databasenya kemudian cek dan execute. Setelah database telah di tentukan dan pilih kemudian temen-temen create table sesuai kebutuhan. Sebagai contoh perhatikan gambar dibawah ini cara mudah dan sederhana membuat table menggunakan sintak sql atau script.
use databse, query sql, create table

query sql create table



2. Membuat database dan table otomatis melalui menu.

  • Pada folder database klik kanan kemudian klik New Database
create new database

  • Beri nama database pada kolom Database name kemudian klik OK
database name

  • Cara membuat table di sql server melalui menu pun langkahnya sama yaitu dengan menggunakan mouse lalu klik kanan pada folder Table kemudian pilih New Table.


design table, table structur

  • Gambar dibawah ini adalah tampilan design dari table yang sudah berhasil di buat. Temen-temen pun bisa mengubah nama kolom, tipe data atau silahkan custome tablenya sesuai kebutuhan.
design table


Ok sampai disini dulu, next kita coba praktek CRUD Create read Update Delete. Semoga bermanfaat tutorial cara membuat database dan table di sql server.

1 comment:

  1. Terimakasih kakak atas artikel nya, terus tulis artikel lainnya ya kak. O iya, perkenalkan nama saya saputra dari kampus ISB Atma Luhur

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan memberi tanggapan Anda dengan positif.

Visual Studio

Microsoft Excel