NewsFlash

Loading...

Monday, February 11, 2019

Membuat Stored Procedure dengan mudah di SQL

Sebelumnya Saya ingin menjelaskan sedikit apa itu Stored Procedure? Bagi temen-temen yang sedang belajar database tentunya kudu menguasai nih bagaimana cara membuat stored procedured di dalam database. Stored Procedured pada intinya adalah suatu object routine yang tersimpan dalam database. Stored procedured merupakan kumpulan dari sintak atau script sql yang di buat di dalam database. 

Jika biasanya temen-temen membuat script langsung pada aplikasi dimana script atau sintak perintah kode program dapat dilihat secara langsung namun dengan stored procedured security dan keamanan data ataupun script baris perintah yang temen-temen buat akan lebih terjaga karena hanya user tertentu saja yang dapat mengakses ke dalam database langsung guna keperluan modifikasi sintak atau script yang temen-temen telah buat.

Agar temen-temen tidak bingung Saya akan berikan contoh sederhana cara membuat stored prosedured yang disertai gambar agar bisa cepet dipahami dan semoga tutorial ini bermanfaat buat temen-temen semua. Yuks langsung aja kita praktek..

1. Buka Sql Server Managemen Studio Kemudian hal pertama yang perlu temen-temen lakukan adalah menentukan databasenya terlebih dahulu. Jika temen-temen belum membuat database, pada artikel saya sebelumnya saya sudah buatkan tutorial cara membuat database dan table, silahkan temen-temen klik di sini untuk praktek cara membuat database dan table di sql.

2. Jika database sudah di pilih, langkah selanjutnya temen-temen klik programmability kemudian klik kanan pada stored procedures lalu klik new stored prosedured. Perhatikan contoh gambar seperti di bawah ini.

stored procedured, caraguruh, sql server

 Untuk pertama kali akan muncul lembar atau area dari stored procedured secara defult seperti ini:

caraguruh, stored procedured

Untuk memudahkan dan tidak membuat bingung temen-temen bisa membersihkan teks defult terlebih dahulu yang muncul dengan menekan CTRL+A kemudian klik DELETE pada keyboard untuk membersihkan teks pada layar lembar kerja stored procedured.

3. Saatnya ngoding seperti biasa, hanya saja kodingan atau sintak script sql terbungkus dalam stored procedured yang nanti dapat kita panggil atau call nama procedurenya saja pada baris perintah di aplikasi yang temen-temen buat. Perhatikan contoh gambar di bawah ini untuk lebih bisa di pahami.
Namun sebelumnya saya asumsikan temen-temen sudah mempunyai database dan table yang sudah siap ya. Jika belum ada database dan tablenya untuk menampung data, sekali lagi silahkan temen-temen coba praktek dulu tutorial saya sebelumnya cara membuat database dan table. Ok, Yuks lanjut.. Perhatikan gambar di bawah ini: Script atau sintak sql pada stored prosedured di apit oleh baris perintah AS BEGIN untuk mulai dan END untuk mengakhiri.

create stored procedured, caraguruh, sql

Contoh perintah select data dalam stored procedured:

Create procedure #nama_procedure
As 
Begin
Select * from #nama_table
End

Jika sudah, silahkan cek script stored procedurenya kemudian execute dan pastikan tidak ada error pada keterangan result saat execute. Pastikan keterangan pada result: "Command(s) completed successfully."

caraguruh, create stored procedured

 Selamat, temen-temen telah sukses membuat stored procedured. Untuk melihat hasilnya ketikan perintah :

Execute #nama_prosedure

execute stored procedured, caraguruh

Ok Done. Finish. Demikian cara mudah bagaimana cara membuat stored procedured pada database sql server. Silahkan di kembangkan dan semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan memberi tanggapan Anda dengan positif.

Visual Studio

Microsoft Excel