NewsFlash

Loading...

Thursday, January 4, 2018

Cara Merubah Format Data Vertikal ke Horizontal

Bagaimana cara merubah format data dari bentuk semula vertikal ke format horizontal atau sebaliknya pada aplikasi microsoft excel. Microsoft excel memberikan kemudahan dalam pengolahan data, salah satunya adalah fungsi transpose yang memungkinkan memutar format suatu data dari bentuk awal vertikal ke bentuk data horizontal atau sebaliknya dari bentuk horizontal ke format data berbentuk vertikal. Dengan memanfaatkan fungsi transpose inilah memungkinkan kita untuk memutar bentuk format data dari bentuk vertikal atau sebaliknya. Perhatikan contoh bagaimana fungsi transpose bekerja seperti terlihat pada gambar berikut di bawah ini.

Cara Merubah Format Data Vertikal ke Horizontal di excel


Jika ada yang belum memahami bagaimana cara menggunakan fungsi transpose maka saya akan sharing kepada teman-teman contoh penggunaan dari fungsi transpose ini. Saya akan sertakan contoh bergambar untuk lebih memudahkan dalam pemahaman fungsi transpose ini. Ya, untuk memutar format suatu data sekarang teman-teman sudah tahu bahwa diperlukan fungsi transpose pada microsoft excel, sekarang bagaimana cara menerapkannya agar data bisa berubah dari bentuk semula vertikal ke bentuk horizontal secara otomatis seperti terlihat pada contoh gambar diatas. 

Silahkan perhatikan contoh gambar diatas data awal sebelum di transpose berbentuk vertikal, dan kita akan merubahnya atau memutarnya menjadi bentuk horizontal seperti tampak terlihat pada cell A8 sampai cell F9 yang telah berhasil di transpose. Caranya sangat mudah pertama silahkan blok atau seleksi data awal dari cell A1:B6 kemudian pilih copy pada menu bar atau dengan cara klik kanan pada mouse pilih copy.

Cara Merubah Format Data Vertikal ke Horizontal

Setelah mengcopy data awal pada range cell A1:B6 kemudian tentukan area kosong sebagai cell aktif. Misal cell A8 sebagai cell aktif seperti contoh gambar dibawah ini.

Cara Merubah Format Data Vertikal ke Horizontal

Langkah berikutnya tempatkan pointer pada cell aktif yaitu cell A8 kemudian klik paste pada menu bar lalu pilih Transpose. Perhatikan gambar dibawah ini untuk memudahkan pemahaman.

Cara Merubah Format Data Vertikal ke Horizontal

Atau cara lain bisa dengan klik kanan mouse kemudian pilih paste special, sehingga akan muncul form paste special seperti pada gambar dibawah ini. 

form paste special

Silahkan pilih pada option Values lalu beri centang pada ceklist box Transpose, kemudian terakhir klik tombol OK untuk konfirmasi.

Selesai. Dan hasilnya pun akan secara otomatis format data diputar atau dirubah dari yang posisi awal berbentuk vertikal, kini format data menjadi berbentuk horizontal seperti tampak pada gambar dibawah ini.

Cara Merubah Format Data Vertikal ke Horizontal

Demikian cara merubah atau memutar format data dari vertikal ke horizontal pada microsoft excel. Silahkan di coba praktek untuk memutar format data sebaliknya dari horizontal ke vertikal sebagai latihan. Caranya tentunya sama yaitu blok atau seleksi data awal, kemudian copy, tentukan area kosong sebagai cell aktif, pada cell aktif lalu paste dan pilih transpose. Selesai.

Ok sekian dulu sedikit sharing dari saya mengenai putar memutar format data, silahkan latihan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan memberi tanggapan Anda dengan positif.

Visual Studio

Microsoft Excel