NewsFlash

Loading...

Tuesday, December 12, 2017

Contoh Program Sederhana Menggunakan Visual Basic .Net

Berikut ini adalah tutorial sederhana untuk pemula yang ingin belajar bahasa pemrograman Visual Studio .Net atau yang biasa di sebut juga VB dot Net. Tutorial ini akan menjelaskan lebih ke konsep dasar pemrograman dan akan disertai contoh serta gambar agar mudah di pahami. Belajar bahasa pemrograman tidaklah sulit asal ada kemauan dan terus berusaha pasti bisa sebab tidak ada yang tidak mungkin jika kita mau berusaha.

Belajar bahasa pemrograman bisa dilakukan dengan otodidak syaratnya adalah niat dan tekad yang bulat. Perlu teman-teman ketahui juga bahwa belajar bahasa pemrograman itu berbeda dengan belajar pemrograman. Maksudnya adalah ketika kita belajar pemrograman artinya kita sedang belajar membuat solusi dari suatu permasalah kasus. Contoh sehari-hari misalnya teman-teman tiba-tiba perut terasa lapar, saat itu teman-teman tahu bahwa teman-teman sedang menghadapi suatu masalah yaitu lapar. Semua orang tahu saat lapar melanda obatnya ya makan agar kondisi kembali kondusip. Kesimpulannya Lapar adalah suatu permasalahan dan makan merupakan salah satu solusinya. Pertanyaannya bagaimana agar bisa makan?. Dititik inilah pemrograman dimulai. "Saat masalah datang kemudian dibuatkan solusi=pemrograman". 
Disadari atau tidak sebenarnya dalam kehidupan sehari-hari teman-teman sudah belajar pemrograman, hanya saja bahasa yang digunakan adalah bahasa teman-teman sehari-hari bukan bahasa visual studio. 

Sekilas gambaran diatas sebagai intermezo saja buat penghangat sekaligus pemanasan. Next, bagaimana memprogram suatu pemrograman dengan bahasa visual studio dot net? 

Praktek Latihan dasar 1.
contoh program sederhana menampilkan pesan pada messagebox 

1. Buka aplikasi Visual Studio .Net Klik New Project kemudian beri nama project


contoh program vb.net



2. Setting tampilan form seperti pada gambar :



Tambahkan 1 buah label, 1 buah textbox dan 1 buah button pada Toolbox kemudian atur dan sesuaikan propertinya sesuai dengan gambar form diatas.



3. Jika desain sudah selesai seperti pada form diatas kemudian klik dua kali pada form1 sehingga masuk pada tampilan pengisian script atau coding.



Perhatikan gambar yang saya beri tanda kotak merah, form1 events load artinya pada form1 akan melakukan aksi saat program mulai debuging atau start. Isi kode program diantara private sub dan end sub, lihat pada contoh gambar diatas.

Kode program ⇒ MsgBox("Halo.. salam kenal, Saya VB. Net")

4. klik dua kali pada button proses di form1 sehingga tampil halaman pengisian script atau koding seperti gambar berikut:




Ketikan kode program seperti pada gambar diatas diantara private sub dan end sub.

Kode program ⇒ MessageBox.Show("Halo " & txtnama.Text & " yang semangat ya belajarnya..", "VB .NET")

5. Selesai. Silahkan running Program dengan menekan F5



Hasil Output Program seperti tampak di bawah ini:

contoh program vb.net


Ok sekian dulu tutorial cara membuat program sederhana di visual basic dot net. Pada contoh Aplikasi ini saya menggunakan platform versi Microsoft Visual Basic 2010 Express, namun pada dasarnya tidak ada perbedaan signifikan pada bahasa pembrograman yang digunakan pada visual basic .Net. Jika ada pertanyaan atau ada yang kurang jelas silahkan beri komentar teman-teman pada kolom komentar dibawah ini. Terima kasih dan Selamat mencoba.

No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung dan memberi tanggapan Anda dengan positif.

Visual Studio

Microsoft Excel