NewsFlash

Loading...

Wednesday, December 20, 2017

Cara Menghilangkan Rumus Formula di Excel Sangat Mudah

Bagaimana cara menghilangkan rumus formula di excel. Hal ini biasanya dilakukan saat kita sudah selesai mengolah data dan berniat akan mengirimkan report atau laporan ke departemen atau instansi terkait alih-alih kita sudah membuat laporan yang sudah jadi dan siap untuk dikirim menggunakan email. Tentunya bila data itu penting dan ada rumus atau formula perhitungan tertentu yang tidak boleh diketahui oleh departmen lain maka menghilangkan rumus tanpa merubah isi dari data dimaksud adalah menjadi suatu hal yang penting untuk menjaga kerahasian data.  

Cara menghilangkan rumus juga berguna biasanya untuk tujuan tes atau ujian praktek. Ketika penguji sudah berhasil menarik data atau membuat format data yang diinginkan maka rumus akan segera dihilangkan dan data siap untuk di ujikan kepada peserta. Misalkan pada suatu perusahaan tertentu saat akan merekrut karyawan baru maka harus melewati beberapa tahap proses tes salah satu syarat selain lulus tes psikotes agar dapat di terima di perusahaan tersebut adalah misalnya ada tes praktek pengoperasian komputer sebagai tahapan proses selanjutya dan sang kandidat diminta untuk harus bisa mengoperasikan program microsoft excel standar. Dengan demikian tentunya penguji sudah menghilangkan rumus atau formula terlebih dahulu sebelum menyerahkan soal kepada peserta atau kandidat untuk menyelesaikan soal tersebut. 

Kemarin kita sudah belajar cara menggunakan rumus atau formula vlookup dan hlookup sebagai pengetahuan dasar untuk pengolahan data. Sekarang bagaimana cara menghilangkan rumus formula di excel setelah datanya telah kita dapatkan. Caranya tentunya sangat mudah, silahkan perhatikan contoh gambar seperti dibawah ini.

Cara Menghilangkan Rumus Formula Excel

Gambar diatas tentunya sebagai contoh bahwa isi atau value nama barang ditarik atau diambil datanya menggunakan formula atau rumus vlookup yang berada di sheet yang saya beri nama www.caraguruh.com tentu setelah kita sudah mendapatkan datanya maka rumus atau formula akan dihapus agar isi data tampak terlihat normal tanpa rumus. Caranya adalah blok atau seleksi cell yang mengandung data berumus kemudian klik kanan mouse lalu copy. Perhatikan contoh gambar di bawah untuk memudahkan pemahaman.

Cara Menghilangkan Rumus Formula Excel

Selanjutnya pada posisi yang sama pastekan ditempat yang sama. Hanya saja gunakan jenis paste special. Perhatikan ilustrasi contoh gambar seperti dibawah ini yang sudah saya beri tanda warna merah.

Cara Menghilangkan Rumus Formula Excel

Sehingga akan muncul form paste special seperti gambar dibawah ini, lalu pilihlah values dan klik OK untuk selesai.  

Cara Menghilangkan Rumus Formula Excel

 Selesai sudah dan hasilnya akan tampak seperti pada gambar di bawah ini.

Cara Menghilangkan Rumus Formula Excel

Demikian bagaimana cara menghilangkan rumus atau formula pada microsoft excel. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

4 comments:

  1. Semoga bpk/ ibu selalu sehat, umur panjang dan dilancarkan rezkinya oleh Allah swt, agar bisa selalu berbagi ilmu dengan semua orang, amin ya robbal alamin.
    Semoga selalu menjadi insfirasi bagi semua orang

    salam Internet Cakap

    Mr. John Batam

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung dan memberi tanggapan Anda dengan positif.

Visual Studio

Microsoft Excel